MAKALAH
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
DAMPAK KOMPUTER DALAM
MASYARAKAT
Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah
Dosen Pengampu : Florentina Yuni Arini, S.Kom., M.Cs
Kelompok 7
Shinta Hardiyanti 4611414008
Safit Firmansyah 4611414021
Rahmalia Nurida 4611414025
M. Nasrul Fata 4611414033
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Kuasa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami mampu menyelesaikan tugas
makalah ini dengan tepat waktu. Tidak lupa juga shalawat serta salam semoga
selalu terhaturkan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah membawa kita
dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi
tugas mata kuliah Komputer dan Masyarakat yang membahas tentang “Dampak
Komputer dalam Masyarakat”. Makalah ini membahas tentang sekumpulan materi
mengenai dampak yang ditimbulkan penggunaan komputer dalam masyarakat. Kami
sekelompok menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan
terdapat kesalahan, maka dari itu kritik dan saran yang membangun selalu kami
nantikan. Kami berharap
makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.
Semarang, 28 Oktober 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seperti yang kita
ketahui, teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia
bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun.Dimana upaya
tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan
peningkatan harkat martabat manusia. Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia
mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan
Yang Maha Esa.Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral
dan kemanusiaan yang adil dan beradab,agar semua masyarakat mengecam IPTEK
secara merata.Begitu juga diharapkan SDM nya bisa lebih baik lagi,apalagi
banyak kemudahan yang kita dapatkan.Namun,berbanding terbalik dengan realita
yang ada karena semakin canggih perkembangan teknologi,telah membuat masyarakat
menjadi malas yang disebabkan oleh kemudahan-kemudahan yang ada tersebut. Ambil
saja salah satu contoh perkembangan IPTEK dibidang telekomunikasi dimana zaman
dahulu computer itu sangat langka karena harganya yang mahal berbeda dengan
sekarang harga komputer sudah sangat murah dan menjangkau lapisan menengah ke
bawah.
Disatu sisi telah
terjadi perkembangan yang sangat baik sekali di aspek telekomunikasi, namun
pelaksanaan pembangunan IPTEK masih belum merata. Masih banyak masyarakat
kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi
tersebut.Hal itu dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka
tanggung.Maka dari itu,pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi
masalah-masalah tersebut, agar peranan IPTEK dapat bertujuan untuk meningkatkan
Sumber Daya Manusia yang ada. Semoga
materi kali ini berguna bagi para Computer Freak, dan dapat menjadi
pembelajaran bagi kita untuk berhati-hati dalam menggunakan teknologi,
khususnya komputer.
Ternyata tak
selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu
hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu
pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada, kebanyakan
keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook sebagai sarana
mobile-computing memang dirancang seefisien mungkin untuk dapat dengan mudah
dibawa ke manapun. Namun efesiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini
rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat
berperan dalam menjamin kenyamanan dan kesehatan sang pemakai.
1.2 Rumusan
Masalah
Adapun
rumusan masalah yang akan dibahas adalah :
1. Bagaimana
manfaat atau dampak teknologi komputer bagi masyarakat ?
2. Apa dampak negatif psikologi yang ditimbulkan dari komputer ?
3. Apa efek negatif terhadap kesehatan
manusia yang ditimbulkan oleh teknologi komputer ?
1.3 Tujuan Makalah
Pada makalah ini kami
akan membahas apa saja dampak komputer dalam masyarakat. Adapun maksud
disusunnya makalah ini adalah untuk:
1. Menambah pengetahuan bagi
penyusun dan pembaca makalah, menjadikan bahan
untuk presentasi.
2. Memenuhi tugas kelompok mata kuliah Komputer dan Masyarakat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Manfaat atau dampak teknologi komputer
bagi masyarakat
Teknologi komputer dapat berperan besar
dalam pembelajaran jika digunakan secara semestinya. Teknologi komputer dapat
membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran, bahkan dapat memotivasi dan
mengakselerasi belajar siswa. Tapi komputer dapat juga menjadikan pendidik
seperti robot dan sangat mekanis, serta menjadikan siswa seperti makhluk asing
yang kurang memiliki skill sosial. ada beberapa faktor yang menjadikan
seseorang menjadi manusia mekanis karena teknologi komputer dalam dunia
pendidikan dan pembelajaran.
Adapun manfaat
atau dampak teknologi komputer :
Dampak positif :
1. dapat menambah pengetahuan dari berbagai
macam hal yang tak bisa kita dapatkan dari televisi, majalah atau buku
2. teknologi komputer mempermudah penggunanya
dalam mencari informasi yang terkecil sekalipun yang tak bisa terjamah oleh
buku atau memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer apayang kita
inginkan dapat kita peroleh dengan cepat.
3. dapat mempermudah penggunanya untuk
menjalin komunikasi dengan teman-teman yang jauh dan juga bisa menyampaikan
suatu berita yang cepat dan praktis tanpa harus menunggu beberapa hari.
4. dengan teknologi komputer, kita bisa
mengetahui berita-berita yang update setiap harinya. Sehingga siapapun dapat
mengakses berita dengan cepat.
5. dapat membantu penggunanya untuk menjalin
komunimasi jarak jauh.
6. Komputer cendrung mengisolasi .
Pembelajaran melalui perantara mesin (komputer, video, TV, disket dan
sebagainya) dapat memudahkan pengetahuan kognitifbagi peserta didik.Tetapipembelajaran
melalui mesin ternyata telah mengisolasi peserta didik/ pendidiksecara sosial,
karena seseorang hanya beriteraksi dengan mesin yang jelas-jelas mesin tidak
memiliki perasaan.Kebanyakan berinteraksi/ menggunakan peranta mesin menyebabkan
menurunnya sosial skillyang dimiliki seseorang.
Dampak Negatif :
1.
Dapat
disalahgunakan oleh para penggunanya untuk hal2 yang tidak sesuai.
2.
Dapat
dijadikan tempat untuk memperoleh gambar2 yang tidak senonoh.
3.
Dapat
membuat seorang penggunanya menjadi kecanduan akan teknologi komputer.
4.
Dapat
menimbulkan hal2 yang tidak diinginkan seperti pemerasan dan pemalsuan identias
.
Tidak semua kalangan
dapat menggunakan komputer masih banyak anak sekolah yang tidak dapat
menggunakan komputer khususnya bagi mereka yang diam di dalam pedesaan Tidak
hanya murid saja, tetapi banyak juga dijumpai guru yang belum berkompeten dalam
penggunaan kecanggihan teknologi itu. Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan
bahwa penggunaan komputer dalam pendidikan itu tidaklah penting dan tidak
bermanfaat banyak. Ini merupakan salah satu akibat dari kurangnya sosialisasi
kepada masyarakat khususnya guru dan murid bahwa komputer dan internet telah
menjadi suatu kebutuhan dalam melaksanakan pendidikan. Hal ini menyebabkan
terjadinya suatu keterlambatan dalam bidang pendidikan terhadap murid-murid
yang di desa. Murid-murid di desa lebih tertinggal dibandingkan dengan
murid-murid di perkotaan. Mereka tidak memiliki kompetensi untuk menggunakan
komputer dan internet dengan baik. Lalu, bagaimanakah cara untuk mengatasi
ketertinggalan penggunaan teknologi (komputer dan internet) terhadap
murid-murid di pedesaan.
Ada beberapa cara yang
mungkin bisa mengatasinya, antara lain :
1.
Pemerintah
setempat melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa (guru, murid, dan orangtua murid) tentang perkenalan teknologi, penggunaan teknologi, manfaat
teknologi, dsb.
2.
Sekolah
menyetujui akan penggunaan teknologi di sekolah-sekolah
3.
Di
setiap sekolah akan ditempatkan satu atau beberapa guru yang cukup berkompeten
dalam penggunaan teknologi.
4.
Sekolah
atau dengan bantuan pemerintah setempat menyediakan dana untuk penyediaan
komputer dan pemasangan jaringan internet.
5.
Menciptakan
suatu hubungan kerja sama yang baik antara orangtua murid,guru,dan murid.
6.
Dengan
cara-cara demikian, maka ketertinggalan penggunaan teknologi (komputer dan
internet) terhadap murid-murid di pedesaan bisa teratasi.
2.2 Dampak
negatif psikologi yang ditimbulkan dari komputer
1. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti
sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media
ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer
adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan
komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.
Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer. Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbukekerasandidalamnya. Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengankekerasan.
2. Computer Anxiety (darurat, ketakutan terhadap komputer)
Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer. Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbukekerasandidalamnya. Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengankekerasan.
2. Computer Anxiety (darurat, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan terhadap
komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer.
Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan terhadap
komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab
ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan
bencana dengan menekan kunci yang salah.
Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan. Biasanya ketakutan tergadap komputer ini dialami oleh perempuan-perempuan dan orang yang mempunyai kemampuan matematika yang rendah.
3. Adiksi terhadap internet
Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan. Biasanya ketakutan tergadap komputer ini dialami oleh perempuan-perempuan dan orang yang mempunyai kemampuan matematika yang rendah.
3. Adiksi terhadap internet
Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada semua orang
yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus
menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer
beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer
menjadi sperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan
rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam
internet dengan jasa dan layanan yang ditawrakna dapat memenuhi kepuasan dan
kebutuhan orang yang memakainya.
Situs permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya terhadap internet.
Situs permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya terhadap internet.
2.3
Efek negatif terhadap kesehatan manusia yang ditimbulkan oleh teknologi
computer :
1.
Radiasi Monitor
Mata adalah organ tubuh yang
paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan
bola mata ke layar monitor.
Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. Selain dari itu, pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya, akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan kerja juga berpengaruh pada beban mata. (1,3)Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata. Berdasarkan hasil penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.
Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. Selain dari itu, pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya, akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan kerja juga berpengaruh pada beban mata. (1,3)Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata. Berdasarkan hasil penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.
Bila operator komputer
menggunakan soft lens (lensa mata), kelelahan mata akan lebih cepat terasa,
karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang
berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering dan ini menyebabkan timbulnya
gesekan antara lensa dan kelopak mata. Ruang berpendingin (AC) akan lebih
memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga
air mata akan ikut menguap. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan,
untuk operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus, ternyata
radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah yaitu
sekitar 0,01739 m Rem per tahun.Harga tersebut jauh lebih rendah dari pada
radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi bumi (terresterial
radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun. Sedangkan laju dosis radiasi yang
diizinkan untuk masyarakat umum adalah 500 m Rem per tahun. Akhir-akhir ini banyak dijual kaca filter
untuk layar monitor yang dipromosikan sebagai filter radiasi yang keluar dari
komputer.kaca filter yang dijual di pasar lebih sesuai sebagai filter kesilauan
(glare) dari cahaya layar komputer, bukan sebagai filter radiasi.
2.
Terganggunya Syaraf
Printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif
lebih rendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini
printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer.
Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat
berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
Adapun batas kebisingan yang diizinkan untuk bekerja selama kurang
dari 8 jam per hari adalah 80 dB. Sedangkan ruang kerja yang ideal adalah
dengan kebisingan sekitar 40 – 50 dB. Apabila di dalam ruang kerja terdapat
mesin pendingin (AC), maka kebisingan akan bertambah selain dari suara printer.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Komputer sangat penting bagi
manusia, baik untuk dunia pendidikan, kedokteran, dan untuk perkantoran.
Ternyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia.
Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan
individu pemakainya. Maka kita harus bisa mengatasi atau menjaga diri kita dari
ketergantungan menggunakan computer agar kita bisa menjalani aktivitas kita
sehari-hari agar tidak terbengkalai. Demikian juga dengan teknologi yang telah
ada sekarang ini maka kita harus pintar menyikapinya agar tidak berakibat buruk
bagi kehidupan kita.

makasih kaka makalah nya sangat bagus sangat mudah di pahami perkenalkan nama saya hafizzzul akbar dari kampus ISB Atma Luhur
BalasHapus